S1 MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF

Portal Website https://mzw.iainpare.ac.id

Program Studi Manajemen Zakat  Wakaf IAIN memiliki tata pamong dalam bentuk Struktur Organisasi dan Tata Kerja serta tugas pokok dan fungsi dari unsur pimpinan pelaksana akademik, pelaksana administrasi, fungsional dosen, fungsional non-dosen, kalangan profesional dan  unsur penunjang lainnya. Struktur organisasi yang telah di model dan di petakan dalam bentuk proses bisnis tersebut dapat mendukung realisasi visi, pelaksanaan misi, dan pencapaian tujuan dan sasaran yang ditetapkan. Struktur organisasi tersebut didukung oleh pola kepemimpinan yang mengedepankan prinsip kredibilitas, transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab, dan adil. Struktur organisasi dan pola kepemimpinan sebagaimana dijelaskan di atas mampu menggerakkan segenap potensi SDM yang ada dalam mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.

Sejalan dengan kebijakan IAIN PAREPARE, Program Studi Manajemen Zakat  Wakaf IAIN PAREPARE telah memiliki dan terkoneksi dengan program penjaminan mutu. Dengan sistem pengelolaan dan penjaminan mutu yang telah diterapkan tersebut diharapkan program studi mampu melaksanakan program dan mencapai sasaran atau target yang telah ditetapkan.

Program Studi Manajemen Zakat  Wakaf IAIN PAREPARE sangat diminati masyarakat, terbukti dengan tingginya jumlah pendaftar setiap tahunnya sehingga diperlukan seleksi dalam penerimaan mahasiswa. Sejalan dengan intake yang baik dan proses pembelajaran yang dilaksanakan secara baik, profil mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat  Wakaf dapat dinyatakan sangat baik, yang antara lain terlihat dari rerata IPK mahasiswa yang memuaskan. Selain itu, banyak mahasiswa Program Studi Manajemen Zakat  Wakaf memiliki prestasi, baik dalam tingkat lokal, regional, nasional, maupun internasional. Namun demikian, perlu diakui bahwa pada umumnya kemampuan bahasa Inggris mahasiswa masih perlu ditingkatkan.
Kurikulum yang diberlakukan di Program Studi Manajemen Zakat  Wakaf IAIN PAREPARE sudah berbasis kompetensi dan mengacu pada visi, misi, tujuan, dan sasaran program studi. Kurikulum sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan stakeholders. Kurikulum direkonstruksi dengan mengacu pada KKNI level-8.
Pelaksanaan pembelajaran didasarkan pada perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar, dan hierarkinya. Strategi dan metode sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi pembelajaran sesuai dengan tujuan mata kuliah. Pembelajaran dilaksanakan dengan mengutamakan keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran. Penilaian kemajuan dan keberhasilan belajar dilakukan berdasarkan Peraturan Rektor IAIN PAREPARE dan regulasi turunannya. Mahasiswa sebagai peserta pembelajaran wajib mengikuti aturan kehadiran yang telah ditetapkan yaitu minimal 80% dari 16 tatap muka, sedangkan dosen wajib hadir minimal 80% dari 16 tatap muka.

Program Studi Manajemen Zakat  Wakaf IAIN PAREPARE telah memiliki sarana dan prasarana yang cukup memadai dan sesuai. Di samping itu, Program Studi Manajemen Zakat  Wakaf IAIN PAREPARE mempunyai koleksi buku cetak yang sangat memadai. Buku tersebut berada di Perpustakaan pusat IAIN PAREPARE. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengakses dengan mudah jurnal-jurnal internasional di Perpustakaan IAIN PAREPARE secara online.

 

Visi
Misi