S1 Hukum Tatanegara (Siyasah)

Prodi HTN yang telah terakreditasi “BAIK” saat ini berada di bawah naungan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare setelah perubahan statusnya dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare. Prodi HTN didirikan melalui Surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Nomor 4622 Tahun 2015 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) Program Strata Satu Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare saat itu. Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES), Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) dan Program Studi Hukum Pidana Islam (Jinayah) merupakan empat Program Studi yang dimiliki oleh Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (FAKSHI) IAIN Parepare. Ketua Prodi HTN pertama saat masih berada di bawah naungan Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Parepare adalah Dr. Hj. Rusdaya Basri, Lc., M.Ag. Sementara setelah perubahan bentuk menjadi IAIN Parepare pada tahun 2019, Prodi HTN dipimpin oleh Badruzzaman, S.Ag., M.H., lalu pada bulan Mei tahun 2022, Ketua Prodi HTN diemban oleh Dr. H. Syafa’at Anugrah Pradana, S.H.,M.H.

PROFIL LULUSAN

  1. Analis Hukum dan Perundang-Undangan
  • Analis hukum dan perundang-undangan yang mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan hukum dan perundang-undangan yang muncul di masyarakat yang disertai dengan daya kritis ilmiah dalam rangka pemecahan masalah- masalah hukum dan perundang-undangan yang berlandaskan akulturasi budaya Islam yang berkarakter Malebbi Warekkadana, Makkiade’ Ampena.
  1. Penegak Hukum Bidang Ketatanegaraan
  • Penegak hukum di bidang ketatanegaraan yang memiliki daya nalar yang kritis, sistematis, logis, komunikatif, dan professional yang berlandaskan akulturasi budaya dan Islam yang berkarakter Malebbi’ Warekkadana Makkiade’ Ampena.
  1. Konsultan Hukum
  • Konsultan hukum yang professional yang terampil dalam memberikan solusi hukum yang berlandaskan akulturasi budaya dan Islam yang berkarakter Malebbi’ Warekkadana Makkiade’ Ampena.

PRESTASI NASIONAL

  1. Juara 1 Debat Konstitusi PIONIR IX 2019
  2. Juara 1 Debat Hukum Nasional Piala MPR RI 2020
  3. Juara 2 Debat Hukum Merak HAFARA Universitas Trunojoyo Madura 2020
  4. Juara 1 Debat Hukum Jawara Debate Competition Universitas Tirtayasa Banten 2021
  5. Juara 1 Debat Konstitusi VLC UPN Veteran Jakarta 2021
  6. Juara 1 Debat Konstitusi Poros Intim Se-Indonesia Timur 2021
  7. Juara 1 Debat Hukum Nasional Piala MPR RI 2021
  8. Juara 2 Debar Konstitusi UNISSULA Law Fair 2021
  9. Juara 1 Kejurnas Sepak Takraw di Kalimantan Utara 2022
  10. Juara 2 Lomba Essai Ombudsman Kota Makassar 2022
Visi

Pengemban Kajian Islam dalam bidang Hukum Tata Negara (Siyasah Syar’iyyah) dengan Akulturasi Budaya Berbasis Teknologi Informasi di Indonesia Timur pada tahun 2025

Misi
  1. Terselenggaranya pendidikan, pengajaran, dan penelitian bidang Hukum Tata Negara (Siyasah Syar’iyyah) yang mengintegrasikan keilmuan, keislaman, serta mensinergikannya dengan akulturasi budaya yang berbasis teknologi informasi.
  2. Terselenggaranya pengkajian Hukum Tata Negara (Siyasah Syar’iyyah) dalam membangun harmonisasi antara negara dan agama dengan berdasar pada nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai ajaran Islam dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Terwujudnya Sarjana Hukum Tata Negara (Siyasah Syar’iyyah) yang professional, berjiwa kenegarawanan dan berkarakter Islam Nasionalis dan Pancasilais.
Alamat Website https://htn.iainpare.ac.id/
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!