PMB PASCASARJANA JALUR KHUSUS ALUMNI IAIN/STAIN PAREPARE TAHUN 2024
Jalur Khusus Alumni IAIN/STAIN Parepare
Merupakan Program Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Alumni IAIN/STAIN Parepare yang tidak hanya memberikan kesempatan bagi para alumni untuk terus mengembangkan diri, tetapi juga menjadi momentum untuk memperkuat ikatan antara almamater dengan para lulusannya.
Dengan demikian, tidak hanya menciptakan individu yang lebih berkualitas, tetapi juga memperkuat fondasi institusi pendidikan itu sendiri.
Pelaksanaan perkuliahan pascasarjana di IAIN Parepare dilaksanakan secara Blended Learning
Booklet PMB Pascasarjana Jalur Khusus Alumni
Jadwal Pelaksanaan Gelombang 1
Pendaftaran/Pembayaran |
25 Apr - 31 Mei 2024 |
Finalisasi Pendaftaran |
25 Apr - 1 Juni 2024 |
Pelaksanaan Ujian |
5 - 6 Juni 2024 |
Pengumuman |
8 Juni 2024 |
Pembayaran UKT |
12 Juni - 12 Juli 2024 |
Jadwal Pelaksanaan Gelombang 2
Pendaftaran/Pembayaran |
1 Juni - 31 Juli 2024 |
Finalisasi Pendaftaran |
1 Juni - 1 Agustus 2024 |
Pelaksanaan Ujian |
2 - 3 Agustus 2024 |
Pengumuman |
5 Agustus 2024 |
Pembayaran UKT |
5 - 21 Agustus 2024 |
Persyaratan Pendaftaran :
- WNI yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga
- Lulusan program sarjana (S1) STAIN/IAIN Parepare yang dibuktikan dengan Ijazah/Surat Keterangan Lulus
- Memiliki Transkrip Nilai jenjang S1
Program Studi dan Akreditasi :
- Ekonomi Syari`ah (Predikat Kelulusan Magister Ekonomi M.E - Akreditasi Baik)
- Komunikasi dan Penyiaran Islam (Predikat Kelulusan Magister Sosial M.Sos - Akreditasi Baik)
- Hukum Keluarga Islam (Ahwal Asy-Syakhshiyah) (Predikat Kelulusan Magister Hukum M.H - Akreditasi Baik)
- Tadris Bahasa Inggris (Predikat Kelulusan Magister Pendidikan M.Pd - Akreditasi Baik)
- Pendidikan Agama Islam (Predikat Kelulusan Magister Pendidikan M.Pd - Akreditasi B)
- Pendidikan Bahasa Arab (Predikat Kelulusan Magister Pendidikan M.Pd - Akreditasi Baik)
Biaya Pendidikan :
- Biaya pendaftaran/formulir: Rp.500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah);
- Biaya matrikulasi: Rp.875.000,- (Delapan Ratus Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah);
- Biaya SPP persemester: Rp.3.750.000,- Rp.2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah);
Alur Pendaftaran :
- Peserta membuat akun dan mendapat informasi pembayaran biaya pendaftaran pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/jalur-seleksi;
- Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI atau Bank BSI untuk mengaktifkan akun;
- Peserta login dan melanjutkan proses pendaftaran menggunakan ID Pendaftar dan PIN yang didapatkan pada saat membuat akun pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login
- Peserta mencetak kartu ujian yang berisi informasi jadwal pelaksanaan ujian;
- Mengikuti pelaksanaan ujian secara offline sesuai jadwal yang ditetapkan;
Dokumen Pendaftaran
- Pas foto latar merah;
- Scan Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (Asli);
- Scan KTP Asli;
- Scan KK Asli;
Form Dokumen Pendaftaran dapat diunduh pada link bit.ly/Form_DokumenPendaftaran
Tata Tertib Peserta Ujian :
- Peserta wajib mencetak kartu formulir pendaftaran (berisi ID Pendaftar) dan mencetak kartu ujian (berisi Nomor Ujian);
- Peserta membawa alat tulis;
- Peserta mengikuti ujian sesuai waktu dan sesi yang tertera pada kartu ujian;
- Peserta berada di lokasi ujian paling lambat 20 (dua puluh) menit sebelum ujian dimulai;
- Peserta harus melakukan registrasi kehadiran paling lambat 5 (lima) menit sebelum ujian dimulai;
- Toleransi keterlambatan 15 (lima belas) menit setelah ujian dilaksanakan dan tidak ada tambahan waktu ujian;
- Peserta yang terlambat lebih dari 15 menit setelah ujian dilaksanakan tidak diperkenankan untuk mengikuti tes (dianggap gugur);
- Peserta mengenakan pakaian rapi dan sopan;
Tata Cara Pembayaran Uang Kuliah (UK) :
- Login pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login;
- Klik menu Keuangan untuk melihat nominal tagihan atau UKT;
- Centang / checklist tagihan;
- Klik GENERATE VA;
- Pilih metode pembayaran, Bank BRI atau Bank BSI. Klik Ok;
- Jika GENERATE VA berhasil, maka akan muncul kode virtual account (VA) pada kolom Kode VA dan total pembayaran pada kolom Total Pembayaran;
(Jika ingin mengganti metode pembayaran, silakan GENERATE VA kembali dan pilih metode pembayaran lainnya) - Lakukan pembayaran dan simpan bukti pembayaran;
- Setelah proses pembayaran selesai, cek Status pada menu Keuangan. Pastikan status pembayaran menjadi Lunas;
- Kembali ke menu Daftar Ulang;
- Upload Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) / Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Sekolah / Nasional dan Slip Bukti Setoran atau transfer UKT / Biaya Kuliah;
- Selesai;
-
Pembayaran via Bank BRI :
- Kantor BRI (Teller)
- Datang ke kantor BRI terdekat dengan membawa nomor BRIVA;
- Isi form sesuai ketentuan BRI ;
- Teller menerima form dan uang yang akan dibayarkan;
- Teller memproses pembayaran melalui BRIVA;
- Teller memberikan bukti transaksi yang sudah tervalidasi;
- ATM BRI
- Masukkan kartu ATM dan PIN;
- Pilih Menu lainnya;
- Pilih Pembayaran/Pembelian;
- Pilih Pembayaran/Pembelian lain;
- Pilih BRIVA;
- Masukkan Kode VA dari sistem PMB;
- Pilih Benar;
- Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
- Lanjutkan proses pembayaran;
- BRIMO
- Masuk aplikasi BRIMO;
- Pilih BRIVA;
- Ketuk Pembayaran Baru;
- Masukkan Kode VA dari sistem PMB, lanjutkan;
- Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
- Ketuk Bayar;
- Internet Banking
- Login Internet Banking BRI;
- Pilih Menu Pembayaran;
- Pilih BRIVA;
- Isi Kode Bayar menggunakan Kode VA dari sistem PMB, kirim;
- Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
- Kirim;
-
Pembayaran via Bank BSI :
-
- Kantor BSI (Teller)
- Datang ke kantor BSI terdekat dengan membawa kode Virtual Account (VA);
- Isi form sesuai ketentuan BSI ;
- Teller menerima form dan uang yang akan dibayarkan;
- Teller memproses pembayaran;
- Teller memberikan bukti transaksi yang sudah tervalidasi;
- ATM BSI
- Pilih menu Pembayaran/Pembayaran/Pembelian
- Pilih Akademik;
- Masukkan Kode VA dari sistem PMB (1108xxxxxxxxxxxx);
- Pilih Benar/Selanjutnya;
- Kemudian tampil informasi data transaksi anda;
- Pilih benar/Ya;
- Selesai
- BSI Mobile
- Masuk aplikasi BSI Mobile;
- Pilih Bayar;
- Pilih Akademik;
- Masukkan kata sandi;
- Nama Akademik = 1108 - IAIN Parepare;
- Masukkan ID Pelanggan/Kode Bayar = Kode VA dari sistem PMB (digit ke-5 sampai 16 atau digit setelah 1108);
- Ketuk Selanjutnya;
- Masukkan PIN;
- Kemudian tampil informasi data transaksi anda;
- Ketuk Selanjutnya;
- Lakukan pembayaran sesuai petunjuk;
- Kantor BSI (Teller)
- Hal-hal penting dalam melakukan pembayaran :
- Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI atau Bank BSI;
- Wajib menyimpan bukti pembayaran;
- Pembayaran tidak dilakukan diluar batas waktu pembayaran sesuai yang tertera pada Jadwal Pelaksanaan di atas;
- Kesalahan pembayaran ditanggung masing-masing calon mahasiswa baru;
Kontak Informasi :
- Informasi resmi IAIN Parepare dapat dilihat pada laman https://www.iainpare.ac.id/;
- Informasi PMB IAIN Parepare dapat diakses melalui laman https://pmb.iainpare.ac.id/;
- Sekretariat PMB IAIN Parepare : Gedung Rektorat lantai 1, Pusat Admisi;
- Instagram : https://www.instagram.com/iainpareofficial/;
- Instagram Admisi : https://www.instagram.com/admisiiainpare/
- Helpdesk : https://wa.me/6282155165516;
- Jam kerja pelayanan : Senin s.d. Jumat pukul 09.00 s.d 15.00 WITA. Istirahat pukul 12.00 s.d 13.00 WITA;
TUTORIAL DAFTAR ULANG
TUTORIAL PEMBAYARAN UK
Lampiran :