PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI BIBIT UNGGUL PRIORITAS TAHUN 2024
Jalur Mandiri – Bibit Unggul Prioritas
merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang disediakan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi dengan kategori tertentu. Adapun kategori jalur mandiri – bibit unggul sebagai berikut:
- Bibit Unggul Yatim Piatu (Beasiswa/Pembebasan UKT);
- Bibit Unggul Panti Asuhan (Beasiswa/Pembebasan UKT);
- Bibit Unggul Daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T);
Booklet PMB Jalur Mandiri
Jadwal Pelaksanaan
Pendaftaran/Pembayaran |
22 April – 22 Mei 2024 |
Finalisasi Pendaftaran |
22 April – 23 Mei 2024 |
Pelaksanaan Ujian |
28 Mei – 30 Mei 2024 |
Pengumuman |
4 Juni 2024 |
Pembayaran UKT |
5 Juni – 14 Juni 2024 |
Persyaratan Umum :
- Memiliki ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar pada jenjang pendidikan menengah (Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Mu’adalah/Pendidikan Kesetaraan pada Pesantren Salafiyah/SMA/SMK pada Pondok Pesantren) dan sederajat atau peserta didik Paket C yang setara tahun 2024, 2023, 2022, 2021, dan 2020.
- Peserta lulusan tahun 2024 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL)/Pengumuman Lulus/KTP/Kartu Siswa.
- Peserta wajib memiliki:
- Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
- Email yang aktif dan dapat dihubungi;
- Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.
- Peserta melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman https://pmb.iainpare.ac.id.
- Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia
- Peserta memilih 3 (dua) Program Studi yang ditentukan. Urutan dalam pemilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan
- Pendaftaran peserta dinyatakan selesai apabila peserta telah melakukan Finalisasi Pendaftaran.
Persyaratan Khusus :
- Jalur Bibit Unggul Yatim Piatu (Prioritas Beasiswa)
Memiliki surat keterangan dari pemerintah setempat atau dokumen lain yang dapat membuktikan yang bersangkutan berstatus sebagai yatim piatu. - Jalur Bibit Unggul Panti Asuhan (Prioritas Beasiswa)
Memiliki surat keterangan yang dikeluarkan pengurus panti asuhan atau dokumen lain yang dapat membuktikan yang bersangkutan berasal dari panti asuhan. - Jalur Bibit Unggul Daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T)
- Daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T) merupakan daerah yang ditetapkan oleh pemerintah sebagai daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T) di Indonesia.
- Calon mahasiswa yang berasal (domisili) dari daerah 3T atau siswa yang lahir di daerah 3T.
- Bagi calon mahasiswa yang berasal dari Daerah 3T, dibuktikan dengan dokumen kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga atau dokumen lain yang dapat membuktikan bahwa yang bersangkutan berdomisili/berasal dari daerah 3T.
- Bagi calon mahasiswa yang lahir di daerah 3T, dibuktikan dengan Akta Kelahiran.
Pilihan Program Studi :
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
- Komunikasi dan Penyiaran Islam
- Bimbingan dan Konseling Islam
- Manajemen Dakwah
- Pengembangan Masyarakat Islam
- Sosiologi Agama
- Jurnalistik Islam
- Sejarah Peradaban Islam
- Bahasa dan Sastra Arab
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
- Ekonomi Syariah
- Perbankan Syariah
- Manajemen Keuangan Syariah
- Akuntansi Syariah
- Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah
- Manajemen Zakat dan Wakaf
- Pariwisata Syariah
Fakultas Tarbiyah
- Pendidikan Agama Islam
- Pendidikan Bahasa Inggris
- Pendidikan Bahasa Arab
- Pendidikan Islam Anak Usia Dini
- Tadris Matematika
- Tadris IPS
- Tadris IPA
- Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum Islam
- Hukum Keluarga Islam
- Hukum Ekonomi Syariah
- Hukum Tata Negara
- Hukum Pidana Islam
Alur Pendaftaran :
- Peserta membuat akun dan mendapat informasi pembayaran biaya pendaftaran pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/jalur-seleksi;
- Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI atau Bank BSI untuk mengaktifkan akun;
- Peserta login dan melanjutkan proses pendaftaran menggunakan ID Pendaftar dan PIN yang didapatkan pada saat membuat akun pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login
- Peserta mencetak kartu ujian yang berisi informasi jadwal pelaksanaan ujian;
- Mengikuti pelaksanaan ujian secara offline sesuai jadwal yang ditetapkan;
Biaya Pendaftaran :
- Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah);
- Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI atau Bank BSI;
- Pembayaran dilakukan Paling Lambat 1x23 Jam;
Dokumen Pendaftaran
- Pas foto latar merah ukuran 3x4;
- Scan ijazah / surat keterangan lulus / surat keterangan telah mengikuti ujian sekolah/nasional tahun 2024;
- Scan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
- Pekerjaan Ayah/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat;
- Pekerjaan Ibu/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat;
- Pendapatan Ayah/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat; contoh surat
- Pendapatan Ibu/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat; contoh surat
- Bukti pembayaran tagihan listrik atau pembelian voucher prepaid PLN (token/pulsa) 3 bulan terakhir. Upload Surat Pernyataan jika selain PLN ditandatangani oleh orang tua/wali; contoh surat
- Bukti pembayaran tagihan air 3 bulan terakhir bagi pelanggan PDAM. Upload Surat Pernyataan jika selain PDAM yang ditandatangani oleh orang tua/wali; contoh surat
- Surat pernyataan pengeluaran belanja keluarga perbulan yang ditandatangani oleh orang tua/wali; contoh surat
- Kondisi Rumah, Upload foto tampak depan+ tampak samping kiri dan kanan+ kamar mandi + kamar tidur + ruang keluarga dan dapur (digabung dalam 1 file);
- Scan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau pernyataan tidak memiliki rumah tinggal tetap yang ditandatangani kepala keluarga/wali;
- Scan Kartu JKN-KIS aktif (dapat berupa BPJS Kesehatan, Jamkesmas, ASKES) ( jika ada);
- Scan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Program Keluarga Harapan (jika ada);
Tata Tertib Peserta Ujian :
- Peserta WAJIB mencetak kartu ujian dan mengikuti ujian sesuai waktu dan sesi yang tertera pada kartu ujian;
- Peserta membawa alat tulis;
- Peserta berada di lokasi ujian paling lambat 20 (dua puluh) menit sebelum ujian dimulai;
- Toleransi keterlambatan 30 (tiga puluh) menit setelah ujian dilaksanakan dan tidak ada tambahan waktu ujian;
- Peserta yang terlambat lebih dari 30 menit setelah ujian dilaksanakan tidak diperkenankan untuk mengikuti tes (dianggap gugur);
- Selain pas foto, Peserta WAJIB membawa berkas asli dan fotocopy semua dokumen pendaftaran;
- Peserta TIDAK didampingi orang tua/wali pada saat ujian;
- Peserta mengenakan pakaian :
- Pria : atasan kemeja putih dan bawahan celana hitam;
- Wanita : jilbab hitam, atasan kemeja putih, bawahan rok hitam, dan bukan gamis;
Cara Mengetahui Pengumuman Kelulusan :
- Login pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login;
- Klik menu Hasil Seleksi;
Tata Cara Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) :
- Login pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login;
- Klik menu Keuangan untuk melihat nominal tagihan atau UKT;
- Centang / checklist tagihan;
- Klik GENERATE VA;
- Pilih metode pembayaran, Bank BRI atau Bank BSI. Klik Ok;
- Jika GENERATE VA berhasil, maka akan muncul kode virtual account (VA) pada kolom Kode VA dan total pembayaran pada kolom Total Pembayaran;
(Jika ingin mengganti metode pembayaran, silakan GENERATE VA kembali dan pilih metode pembayaran lainnya) - Lakukan pembayaran dan simpan bukti pembayaran;
- Setelah proses pembayaran selesai, cek Status pada menu Keuangan. Pastikan status pembayaran menjadi Lunas;
- Kembali ke menu Daftar Ulang;
- Upload Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) / Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Sekolah / Nasional dan Slip Bukti Setoran atau transfer UKT / Biaya Kuliah;
- Selesai;
-
Pembayaran via Bank BRI :
- Kantor BRI (Teller)
- Datang ke kantor BRI terdekat dengan membawa nomor BRIVA;
- Isi form sesuai ketentuan BRI ;
- Teller menerima form dan uang yang akan dibayarkan;
- Teller memproses pembayaran melalui BRIVA;
- Teller memberikan bukti transaksi yang sudah tervalidasi;
- ATM BRI
- Masukkan kartu ATM dan PIN;
- Pilih Menu lainnya;
- Pilih Pembayaran/Pembelian;
- Pilih Pembayaran/Pembelian lain;
- Pilih BRIVA;
- Masukkan Kode VA dari sistem PMB;
- Pilih Benar;
- Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
- Lanjutkan proses pembayaran;
- BRIMO
- Masuk aplikasi BRIMO;
- Pilih BRIVA;
- Ketuk Pembayaran Baru;
- Masukkan Kode VA dari sistem PMB, lanjutkan;
- Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
- Ketuk Bayar;
- Internet Banking
- Login Internet Banking BRI;
- Pilih Menu Pembayaran;
- Pilih BRIVA;
- Isi Kode Bayar menggunakan Kode VA dari sistem PMB, kirim;
- Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
- Kirim;
-
Pembayaran via Bank BSI :
-
- Kantor BSI (Teller)
- Datang ke kantor BSI terdekat dengan membawa kode Virtual Account (VA);
- Isi form sesuai ketentuan BSI ;
- Teller menerima form dan uang yang akan dibayarkan;
- Teller memproses pembayaran;
- Teller memberikan bukti transaksi yang sudah tervalidasi;
- ATM BSI
- Pilih menu Pembayaran/Pembayaran/Pembelian
- Pilih Akademik;
- Masukkan Kode VA dari sistem PMB (1108xxxxxxxxxxxx);
- Pilih Benar/Selanjutnya;
- Kemudian tampil informasi data transaksi anda;
- Pilih benar/Ya;
- Selesai
- BSI Mobile
- Masuk aplikasi BSI Mobile;
- Pilih Bayar;
- Pilih Akademik;
- Masukkan kata sandi;
- Nama Akademik = 1108 - IAIN Parepare;
- Masukkan ID Pelanggan/Kode Bayar = Kode VA dari sistem PMB (digit ke-5 sampai 16 atau digit setelah 1108);
- Ketuk Selanjutnya;
- Masukkan PIN;
- Kemudian tampil informasi data transaksi anda;
- Ketuk Selanjutnya;
- Lakukan pembayaran sesuai petunjuk;
- Kantor BSI (Teller)
- Hal-hal penting dalam melakukan pembayaran :
- Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI atau Bank BSI;
- Wajib menyimpan bukti pembayaran;
- Pembayaran tidak dilakukan diluar batas waktu pembayaran sesuai yang tertera pada Jadwal Pelaksanaan di atas;
- Kesalahan pembayaran ditanggung masing-masing calon mahasiswa baru;
Pendaftaran Asrama Ma'had Al-Jami'ah
Ma'had Al-Jami'ah IAIN Parepare atau Asrama IAIN Parepare merupakan lembaga tradisi pesantren yang menitikberatkan pada pendalaman ilmu-ilmu agama (tafaqquh fiddin), mewarisi kontinuitas tradisi Islam yang telah dialirkan ulama dari masa ke masa.
Berikut link pendaftarannya : bit.ly/Pendaftaran_Asrama_Mahad_Al-Jamiah_IAINParepare_2024_Gel1
Kontak Informasi :
- Informasi resmi tentang IAIN Parepare dapat dilihat pada laman https://www.iainpare.ac.id/;
- Aplikasi PMB IAIN Parepare dapat diakses melalui laman https://pmb.iainpare.ac.id/;
- Sekretariat PMB IAIN Parepare : Gedung Rektorat lantai 1, Ruang Pers;
- Instagram : https://www.instagram.com/iainpareofficial/;
- Helpdesk/CS : https://wa.me/6282347418869
- Jam kerja pelayanan : Senin s.d. Jumat pukul 08.00 s.d 16.00 WITA. Istirahat pukul 12.00 s.d 13.00 WITA;
TUTORIAL PENDAFTARAN
TUTORIAL PEMBAYARAN UKT
Lampiran :