Image News

PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI AFIRMASI TAHUN 2024

Jalur Mandiri – Afirmasi

merupakan jalur yang disediakan bagi putra-putri terbaik lulusan MA/MAK/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Mu’adalah/Pendidikan Kesetaraan pada Pesantren Salafiyah/SMA/SMK dan sederajat dengan kategori sebagai berikut :

  1. Kategori Ketua Organisasi Siswa/Santri;

  2. Kategori Non Muslim;

  3. Kategori Pegawai Syara Masjid; dan

  4. Kategori Penyandang Disabilitas.

 

Booklet PMB Jalur Mandiri

 

 Jadwal Pelaksanaan

Pendaftaran/Pembayaran

  22 April – 22 Mei 2024

Finalisasi Pendaftaran

  22 April – 23 Mei 2024

Pelaksanaan Ujian

  28 Mei – 30 Mei 2024

Pengumuman

  4 Juni 2024

Pembayaran UKT

  5 Juni – 14 Juni 2024

 

Persyaratan Umum :

  1. Memiliki ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar pada jenjang pendidikan menengah (Madrasah Aliyah/Madrasah Aliyah Kejuruan/Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Mu’adalah/Pendidikan Kesetaraan pada Pesantren Salafiyah/SMA/SMK pada Pondok Pesantren) dan sederajat atau peserta didik Paket C yang setara tahun 2024, 2023, 2022, 2021, dan 2020.
  2. Peserta lulusan tahun 2024 wajib memiliki salah satu dari Surat Keterangan Lulus (SKL)/Pengumuman Lulus/KTP/Kartu Siswa.
  3. Peserta wajib memiliki:
    • Nomor Induk Siswa Nasional (NISN);
    • Email yang aktif dan dapat dihubungi;
    • Nomor WhatsApp yang aktif dan dapat dihubungi.
    • Peserta melakukan pendaftaran secara mandiri pada laman https://pmb.iainpare.ac.id.
  4. Peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang ditetapkan oleh Panitia
  5. Peserta memilih 3 (dua) Program Studi yang ditentukan. Urutan dalam pemilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan
  6. Pendaftaran peserta dinyatakan selesai apabila peserta telah melakukan Finalisasi Pendaftaran.

Persyaratan Khusus :

  1. Kategori Ketua Organisasi Siswa/Santri
    Memiliki surat keterangan/sertifikat/surat keputusan atau dokumen lainnya yang membuktikan yang bersangkutan pernah menjabat sebagai ketua/pimpinan organisasi yang dikeluarkan pejabat yang berwenang.

  2. Kategori Non-Muslim
    • Calon mahasiswa beragama selain Islam yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk; dan
    • Memiliki rekomendasi dari pimpinan organisasi keagamaan/ masyarakat.

  3. Kategori Pegawai Syara’ Masjid
    Memiliki surat keterangan yang membuktikan pernah/sedang aktif sebagai pegawai syara’ yang dikeluarkan oleh pengurus masjid/pemerintah setempat.

  4. Kategori Penyandang Disabilitas
    Calon mahasiswa merupakan penyandang disabilitas dibuktikan dengan surat pernyataan yang memuat ragam disabilitasnya.

 

Pilihan Program Studi :

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah

  1. Pengembangan Masyarakat Islam
  2. Sosiologi Agama
  3. Jurnalistik Islam
  4. Sejarah Peradaban Islam
  5. Bahasa dan Sastra Arab

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

  1. Manajemen Zakat dan Wakaf

Fakultas Tarbiyah

  1. Manajemen Pendidikan Islam

 

Alur Pendaftaran :

  1. Peserta membuat akun dan mendapat informasi pembayaran biaya pendaftaran pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/jalur-seleksi;
  2. Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI atau Bank BSI untuk mengaktifkan akun;
  3. Peserta login dan melanjutkan proses pendaftaran menggunakan ID Pendaftar dan PIN yang didapatkan pada saat membuat akun pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login
  4. Peserta mencetak kartu ujian yang berisi informasi jadwal pelaksanaan ujian;
  5. Mengikuti pelaksanaan ujian secara offline sesuai jadwal yang ditetapkan;

 

 

Biaya Pendaftaran :

  1. Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah);
  2. Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI atau Bank BSI;
  3. Pembayaran dilakukan Paling Lambat 1x23 Jam;

 

Dokumen Pendaftaran

  1. Pas foto latar merah ukuran 3x4;
  2. Scan ijazah / surat keterangan lulus / surat keterangan telah mengikuti ujian sekolah/nasional tahun 2024;
  3. Scan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  4. Pekerjaan Ayah/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat;
  5. Pekerjaan Ibu/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat;
  6. Pendapatan Ayah/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat; contoh surat
  7. Pendapatan Ibu/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat; contoh surat
  8. Bukti pembayaran tagihan listrik atau pembelian voucher prepaid PLN (token/pulsa) 3 bulan terakhir. Upload Surat Pernyataan jika selain PLN ditandatangani oleh orang tua/wali; contoh surat
  9. Bukti pembayaran tagihan air 3 bulan terakhir bagi pelanggan PDAM. Upload Surat Pernyataan jika selain PDAM yang ditandatangani oleh orang tua/wali; contoh surat
  10. Surat pernyataan pengeluaran belanja keluarga perbulan yang ditandatangani oleh orang tua/wali; contoh surat
  11. Kondisi Rumah, Upload foto tampak depan+ tampak samping kiri dan kanan+ kamar mandi + kamar tidur + ruang keluarga dan dapur (digabung dalam 1 file);
  12. Scan bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau pernyataan tidak memiliki rumah tinggal tetap yang ditandatangani kepala keluarga/wali;
  13. Scan Kartu JKN-KIS aktif (dapat berupa BPJS Kesehatan, Jamkesmas, ASKES) ( jika ada);
  14. Scan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Program Keluarga Harapan (jika ada);

 


Tata Tertib Peserta Ujian :

  1. Peserta WAJIB mencetak kartu ujian dan mengikuti ujian sesuai waktu dan sesi yang tertera pada kartu ujian;
  2. Peserta membawa alat tulis;
  3. Peserta berada di lokasi ujian paling lambat 20 (dua puluh) menit sebelum ujian dimulai;
  4. Toleransi keterlambatan 30 (tiga puluh) menit setelah ujian dilaksanakan dan tidak ada tambahan waktu ujian;
  5. Peserta yang terlambat lebih dari 30 menit setelah ujian dilaksanakan tidak diperkenankan untuk mengikuti tes (dianggap gugur);
  6. Selain pas foto, Peserta WAJIB membawa berkas asli dan fotocopy semua dokumen pendaftaran;
  7. Peserta TIDAK didampingi orang tua/wali pada saat ujian;
  8. Peserta mengenakan pakaian :
    • Pria : atasan kemeja putih dan bawahan celana hitam;
    • Wanita : jilbab hitam, atasan kemeja putih, bawahan rok hitam, dan bukan gamis;

 

Cara Mengetahui Pengumuman Kelulusan :

  1. Login pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login;
  2. Klik menu Hasil Seleksi;

 


Tata Cara Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) :

  1. Login pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login;
  2. Klik menu Keuangan untuk melihat nominal tagihan atau UKT;
  3. Centang / checklist tagihan;
  4. Klik GENERATE VA;
  5. Pilih metode pembayaran, Bank BRI atau Bank BSI. Klik Ok;
  6. Jika GENERATE VA berhasil, maka akan muncul kode virtual account (VA) pada kolom Kode VA dan total pembayaran pada kolom Total Pembayaran;
    (Jika ingin mengganti metode pembayaran, silakan GENERATE VA kembali dan pilih metode pembayaran lainnya)
  7. Lakukan pembayaran dan simpan bukti pembayaran;
  8. Setelah proses pembayaran selesai, cek Status pada menu Keuangan. Pastikan status pembayaran menjadi Lunas;
  9. Kembali ke menu Daftar Ulang;
  10. Upload Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) / Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Sekolah / Nasional dan Slip Bukti Setoran atau transfer UKT / Biaya Kuliah;
  11. Selesai;

 

  • Pembayaran via Bank BRI :

  1. Kantor BRI (Teller)
    1. Datang ke kantor BRI terdekat dengan membawa nomor BRIVA;
    2. Isi form sesuai ketentuan BRI ;
    3. Teller menerima form dan uang yang akan dibayarkan;
    4. Teller memproses pembayaran melalui BRIVA;
    5. Teller memberikan bukti transaksi yang sudah tervalidasi;
  2. ATM BRI
    1. Masukkan kartu ATM dan PIN;
    2. Pilih Menu lainnya;
    3. Pilih Pembayaran/Pembelian;
    4. Pilih Pembayaran/Pembelian lain;
    5. Pilih BRIVA;
    6. Masukkan Kode VA dari sistem PMB;
    7. Pilih Benar;
    8. Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
    9. Lanjutkan proses pembayaran;
  3. BRIMO
    1. Masuk aplikasi BRIMO;
    2. Pilih BRIVA;
    3. Ketuk Pembayaran Baru;
    4. Masukkan Kode VA dari sistem PMB, lanjutkan;
    5. Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
    6. Ketuk Bayar;
  4. Internet Banking
    1. Login Internet Banking BRI;
    2. Pilih Menu Pembayaran;
    3. Pilih BRIVA;
    4. Isi Kode Bayar menggunakan Kode VA dari sistem PMB, kirim;
    5. Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
    6. Kirim;

 

  • Pembayaran via Bank BSI :

    1. Kantor BSI (Teller)
      1. Datang ke kantor BSI terdekat dengan membawa kode Virtual Account (VA);
      2. Isi form sesuai ketentuan BSI ;
      3. Teller menerima form dan uang yang akan dibayarkan;
      4. Teller memproses pembayaran;
      5. Teller memberikan bukti transaksi yang sudah tervalidasi;
    2. ATM BSI
      1. Pilih menu Pembayaran/Pembayaran/Pembelian
      2. Pilih Akademik;
      3. Masukkan Kode VA dari sistem PMB (1108xxxxxxxxxxxx);
      4. Pilih Benar/Selanjutnya;
      5. Kemudian tampil informasi data transaksi anda;
      6. Pilih benar/Ya;
      7. Selesai
    3. BSI Mobile
      1. Masuk aplikasi BSI Mobile;
      2. Pilih Bayar;
      3. Pilih Akademik;
      4. Masukkan kata sandi;
      5. Nama Akademik = 1108 - IAIN Parepare;
      6. Masukkan ID Pelanggan/Kode Bayar = Kode VA dari sistem PMB (digit ke-5 sampai 16 atau digit setelah 1108);
      7. Ketuk Selanjutnya;
      8. Masukkan PIN;
      9. Kemudian tampil informasi data transaksi anda;
      10. Ketuk Selanjutnya;
      11. Lakukan pembayaran sesuai petunjuk;

 

  • Hal-hal penting dalam melakukan pembayaran :
    1. Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI atau Bank BSI;
    2. Wajib menyimpan bukti pembayaran;
    3. Pembayaran tidak dilakukan diluar batas waktu pembayaran sesuai yang tertera pada Jadwal Pelaksanaan di atas;
    4. Kesalahan pembayaran ditanggung masing-masing calon mahasiswa baru;

 

Pendaftaran Asrama Ma'had Al-Jami'ah

Ma'had Al-Jami'ah IAIN Parepare atau Asrama IAIN Parepare merupakan lembaga tradisi pesantren yang menitikberatkan pada pendalaman ilmu-ilmu agama (tafaqquh fiddin), mewarisi kontinuitas tradisi Islam yang telah dialirkan ulama dari masa ke masa.

Berikut link pendaftarannya : bit.ly/Pendaftaran_Asrama_Mahad_Al-Jamiah_IAINParepare_2024_Gel1

 

 

Kontak Informasi :

  1. Informasi resmi tentang IAIN Parepare dapat dilihat pada laman https://www.iainpare.ac.id/;
  2. Aplikasi PMB IAIN Parepare dapat diakses melalui laman https://pmb.iainpare.ac.id/;
  3. Sekretariat PMB IAIN Parepare : Gedung Rektorat lantai 1, Ruang Pers;
  4. Instagram : https://www.instagram.com/iainpareofficial/;
  5. Helpdesk/CS : https://wa.me/6282347418869
  6. Jam kerja pelayanan : Senin s.d. Jumat pukul 08.00 s.d 16.00 WITA. Istirahat pukul 12.00 s.d 13.00 WITA;

 

TUTORIAL PENDAFTARAN

TUTORIAL PEMBAYARAN UKT

 

Lampiran : 

22 April 2024, 08:19:18
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!