Image News

PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI LULUSAN PONDOK PESANTREN DAN JALUR MANDIRI KHUSUS PRESTASI NON AKADEMIK TAHUN 2023

Penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri lulusan pondok pesatren dan jalur mandiri khusus berprestasi non akademik merupakan penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri lulusan pondok pesatren dan jalur mandiri khusus berprestasi non akademik pada Institut Agama Islam Negeri Parepare

 JADWAL PELAKSANAAN

Pendaftaran/Pembayaran

  6 Juli - 29 Juli 2023

Finalisasi Pendaftaran

  6 Juli - 30 Juli 2023

Pelaksanaan Ujian

  1 - 2 Agustus 2023

Pengumuman

  4 Agustus 2023

Pembayaran UKT

  5 - 9 Agustus 2023

 

PERSYARATAN PENDAFTARAN :

A. Syarat umum bagi pendaftar jalur mandiri lulusan pondok pesantren terdiri dari:

  1. Lulusan pondok pesantren;
  2. Memiliki ijazah atau surat keterangan lulus (SKL) yang sah dan terdaftar di Kementrian Agama;
  3. Lulusan 1 tahun sampai dengan 3 tahun;
  4. Memenuhi persyaratan yang ditetapkan;
  5. Wajib mengikuti tes yang diselenggarakan oleh panitia seleksi.

B. Syarat khusus bagi pendaftar jalur mandiri khusus prestasi non akademik terdiri dari:

  1. Lulusan SMA/SMK/MA/MAPK/PDF/atau yang sederajat;
  2. Fotocopy ijazah serta transkrip nilai yang sudah dilegalisir;
  3. Memiliki prestasi non akademik terdiri dari:
    1. Tahfudz al-qur’an minimal 5 juz dibuktikan dengan sertifikat dari Lembaga terpercaya;
    2. Tilawah minimal tingkat kabupaten dibuktikan sertifikat dan foto piala;
    3. Penghapal hadits minimal 100 hadits dibuktikan dengan sertifikat dari Lembaga terpercaya;
    4. Mahir membaca kitab kuning/gundul dibuktikan dengan sertifikat dari Lembaga terpercaya;
  4. Wajib mengikuti tes yang diselenggarakan oleh panitia seleksi;
  5. Tidak terlibat dengan faham dan atau organisasi yang dilarang oleh pemerintah.

PILIHAN PROGRAM STUDI :

  1. Lulusan Pondok Pesantren diwajibkan memilih program studi sebagai berikut:
    1. Pilihan pertama dengan Program studi:
      1. Pengembangan Masyarakat Islam (PMI);
      2. Sosiologi Agama (SA);
      3. Jurnalistik Islam (JI);
      4. Sejarah Peradaban Islam (SPI);
      5. Bahasa dan Sastra Arab (BSA;
      6. Manajemen zakat dan wakaf (MZW);
      7. Parawisata Syariah (PS);
      8. Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
    2. Pilihan kedua dengan program studi:
      1. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI);
      2. Bimbingan dan Konseling Islam (BKI);
      3. Manajemen Dakwah (MD);
      4. Hukum Keluarga Islam (HKI);
      5. Hukum Ekonomi Syariah (HES);
      6. Hukum Tata Negara (HTN);
      7. Hukum Pidana Islam (HPI).
  2. Lulusan SMA/SMK/MA/MAPK/PDF/atau yang sederajat diwajibkan memilih program sebagai berikut:
    1. Pilihan pertama Program Studi sebagaimana tercantum pada ayat 1 huruf a dan b;
    2. Pilihan kedua program studi:
      1. Tadris Bahasa Inggris (TBI);
      2. Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD);
      3. Tadris Matematika;
      4. Tadris IPS;
      5. Manajemen Pendidikan Islam (MPI);
      6. Tadris IPA;
      7. Ekonomi Syariah (ES);
      8. Perbankan Syariah;
      9. Manajemen Keuangan Syariah (MKS);
      10. Akuntansi Syariah;
      11. Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah (ALKES).
  3. Setiap peserta wajib memilih minimal 2 (dua) program studi;
  4. Urutan dalam pemilihan Program Studi menyatakan prioritas pilihan;

BIAYA :

  1. Lulusan pondok pesantren dibebankan pembayan uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa sebagai berikut:
    1. Kurang mampu membayar UKT kelompok I Rp. 400.000, (empat ratus ribu rupiah);
    2. Mampu membayar UKT kelompok 2 sesuai program studi masing masing;
  2. Jalur mandiri khusus prestasi non akademik dibebankan UKT bagi mahasiswa sebagai berikut:
    1. Kurang mampu dibebaskan pembayaran UKT;
    2. Mampu membayar UKT kelompok I Rp. 400.000, (empat ratus ribu rupiah).

METODE SELEKSI :

  1. Seleksi portofolio;
  2. Seleksi tes berbasis cetak (tertulis);
  3. Seleksi tes berbasis komputer;
  4. Seleksi tes wawancara.

ALUR PENDAFTARAN :

  1. Peserta membuat akun dan mendapat informasi pembayaran biaya pendaftaran pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/jalur-seleksi;
  2. Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI, Bank BSI, atau Tokopedia untuk mengaktifkan akun;
  3. Peserta login dan melanjutkan proses pendaftaran menggunakan ID Pendaftar dan PIN yang didapatkan pada saat membuat akun pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login
  4. Peserta mencetak kartu ujian yang berisi informasi jadwal pelaksanaan ujian;
  5. Mengikuti pelaksanaan ujian sesuai jadwal yang ditetapkan; 

BIAYA PENDAFTARAN :

  1. Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000,- (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah);
  2. Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI, Bank BSI, atau Tokopedia;
  3. Pembayaran dilakukan Paling Lambat 1x23 Jam terhitung setelah klik Checkout/Bayar/Bayar Sekarang pada aplikasi Tokopedia;

DOKUMEN PENDAFTARAN

  1. Pas foto latar merah ukuran 3x4;
  2. Scan ijazah / surat keterangan lulus / surat keterangan telah mengikuti ujian sekolah/nasional tahun 2023;
  3. Scan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  4. Pekerjaan Ayah/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat;
  5. Pekerjaan Ibu/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat;
  6. Pendapatan Ayah/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat; contoh surat
  7. Pendapatan Ibu/Wali, upload slip gaji atau surat keterangan/pernyataan penghasilan orang tua/wali diketahui pemerintah setempat; contoh surat
  8. Bukti pembayaran tagihan listrik atau pembelian voucher prepaid PLN (token/pulsa) 3 bulan terakhir. Upload Surat Pernyataan jika selain PLN ditandatangani oleh orang tua/wali; contoh surat
  9. Bukti pembayaran tagihan air 3 bulan terakhir bagi pelanggan PDAM. Upload Surat Pernyataan jika selain PDAM yang ditandatangani oleh orang tua/wali; contoh surat
  10. Surat pernyataan pengeluaran belanja keluarga perbulan yang ditandatangani oleh orang tua/wali; contoh surat
  11. Kondisi Rumah, Upload foto tampak depan+ tampak samping kiri dan kanan+ kamar mandi + kamar tidur + ruang keluarga dan dapur ( digabung dalam 1 file );
  12. Scan Kartu KIP / KKS / PKH / BPNT / DTKS atau sejenisnya (jika ada);

TATA TERTIB UJIAN :

  1. Peserta WAJIB mencetak kartu ujian dan mengikuti ujian sesuai waktu dan sesi yang tertera pada kartu ujian;
  2. Peserta membawa alat tulis;
  3. Peserta berada di lokasi ujian paling lambat 20 (dua puluh) menit sebelum ujian dimulai;
  4. Toleransi keterlambatan 30 (tiga puluh) menit setelah ujian dilaksanakan dan tidak ada tambahan waktu ujian;
  5. Peserta yang terlambat lebih dari 30 (tiga puluh) setelah ujian dilaksanakan tidak diperkenankan untuk mengikuti tes (dianggap gugur);
  6. Peserta membawa 1 lembar materai 10.000;
  7. Peserta WAJIB membawa berkas asli dan fotocopy semua dokumen pendaftaran;
  8. Peserta mengenakan pakaian :
    • Pria : atasan kemeja putih dan bawahan celana hitam;
    • Wanita : jilbab hitam, atasan kemeja putih, bawahan rok hitam, dan bukan gamis;

CARA MENGETAHUI PENGUMUMAN KELULUSAN :

  1. Login pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login;
  2. Klik menu Hasil Seleksi;

TATA CARA PEMBAYARAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) :

  1. Login pada laman https://pmb.iainpare.ac.id/login;
  2. Klik menu Keuangan untuk melihat nominal tagihan atau UKT;
  3. Centang / checklist tagihan;
  4. Klik GENERATE VA;
  5. Pilih metode pembayaran, Bank BRI atau Tokopedia. Klik Ok;
  6. Jika GENERATE VA berhasil, maka akan muncul kode virtual account (VA) pada kolom Kode VA dan total pembayaran pada kolom Total Pembayaran;
    (Jika ingin mengganti metode pembayaran, silakan GENERATE VA kembali dan pilih metode pembayaran lainnya)
  7. Lakukan pembayaran dan simpan bukti pembayaran;
  8. Setelah proses pembayaran selesai, cek Status pada menu Keuangan. Pastikan status pembayaran menjadi Lunas;
  9. Kembali ke menu Daftar Ulang;
  10. Upload Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) / Surat Keterangan Telah Mengikuti Ujian Sekolah / Nasional dan Slip Bukti Setoran atau transfer UKT / Biaya Kuliah;
  11. Selesai;
  1. Kantor BRI (Teller)
    1. Datang ke kantor BRI terdekat dengan membawa nomor BRIVA;
    2. Isi form sesuai ketentuan BRI ;
    3. Teller menerima form dan uang yang akan dibayarkan;
    4. Teller memproses pembayaran melalui BRIVA;
    5. Teller memberikan bukti transaksi yang sudah tervalidasi;
  2. ATM BRI
    1. Masukkan kartu ATM dan PIN;
    2. Pilih Menu lainnya;
    3. Pilih Pembayaran/Pembelian;
    4. Pilih Pembayaran/Pembelian lain;
    5. Pilih BRIVA;
    6. Masukkan Kode VA dari sistem PMB;
    7. Pilih Benar;
    8. Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
    9. Lanjutkan proses pembayaran;
  3. BRIMO
    1. Masuk aplikasi BRIMO;
    2. Pilih BRIVA;
    3. Ketuk Pembayaran Baru;
    4. Masukkan Kode VA dari sistem PMB, lanjutkan;
    5. Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
    6. Ketuk Bayar;
  4. Internet Banking
    1. Login Internet Banking BRI;
    2. Pilih Menu Pembayaran;
    3. Pilih BRIVA;
    4. Isi Kode Bayar menggunakan Kode VA dari sistem PMB, kirim;
    5. Cek kembali data anda, pastikan informasi yang ditampilkan sesuai dengan identitas anda;
    6. Kirim;
  • Pembayaran via Tokopedia :
    1. Masuk aplikasi Tokopedia;
    2. Klik Lihat Semua;
    3. Klik Pendidikan;
    4. Klik Biaya Pendidikan;
    5. Untuk Pilih Cluster pilih Perguruan Tinggi;
    6. Untuk Institut Pendidikan pastikan IAIN Parepare;
    7. Untuk Nomor Pembayaran atau Nomor Mahasiswa masukkan Kode VA;
    8. Klik Cek Tagihan;
    9. Cek kembali data anda, pastikan
       Nomor Pembayaran  =   Kode VA
       Nama  =   Nama Calon Mahasiswa Baru
       Total Tagihan  =  Total Pembayaran
       Biaya Admin  =  Biaya Admin
    10. Klik Makin hemat pakai promo untuk mendapatkan potongan biaya kuliah (disarankan);
    11. Klik Pilih Pembayaran. Pilih Metode Pembayaran yang ingin anda gunakan, diantaranya yang kami sarankan:
      1. OVO;
      2. GoPay;
      3. Tunai di Gerai Retail (Alfamart / Alfamidi, Indomaret, JNE, Kantorpos);
      4. Transfer Virtual Account (BRIVA, BNI, Mandiri, BCA, BTN, Danamon, CIMB, BSI);
      5. PayLater & Cicilan (Kredivo);
    12. Klik Lanjutkan;
    13. Klik Bayar;
    14. Lakukan pembayaran sesuai petunjuk;
  • Hal-hal penting dalam melakukan pembayaran :
    1. Peserta melakukan pembayaran melalui Bank BRI atau Tokopedia, disarankan Bank BRI;
    2. Pembayaran dilakukan Paling Lambat 1x23 Jam terhitung setelah klik Checkout/Bayar/Bayar Sekarang pada aplikasi Tokopedia dan GENERATE VA pada Bank BRI. Jika dalam waktu 1x23 jam belum dilakukan pembayaran, maka harus melakukan GENERATE VA ulang;
    3. Wajib menyimpan bukti pembayaran;
    4. Pembayaran tidak dilakukan diluar batas waktu pembayaran sesuai yang tertera pada Jadwal Pelaksanaan diatas;
    5. Kesalahan pembayaran ditanggung masing-masing calon mahasiswa baru;

PENDAFTARAN ASRAMA MA'HAD AL-JAMI'AH

Ma'had Al-Jami'ah IAIN Parepare atau Asrama IAIN Parepare merupakan lembaga tradisi pesantren yang menitikberatkan pada pendalaman ilmu-ilmu agama (tafaqquh fiddin), mewarisi kontinuitas tradisi Islam yang telah dialirkan ulama dari masa ke masa.

Berikut link pendaftarannya : http://bit.ly/40YR94z

 

KONTAK INFORMASI :

  1. Informasi resmi tentang IAIN Parepare dapat dilihat pada laman https://www.iainpare.ac.id/;
  2. Aplikasi PMB IAIN Parepare dapat diakses melalui laman https://pmb.iainpare.ac.id/;
  3. Sekretariat PMB IAIN Parepare : Gedung Rektorat lantai 1, Ruang Pers;
  4. Instagram : https://www.instagram.com/iainpareofficial/;
  5. Helpdesk/CS : https://wa.me/6282347418869
  6. Jam kerja pelayanan : Senin s.d. Jumat pukul 08.00 s.d 16.00 WITA. Istirahat pukul 12.00 s.d 13.00 WITA;

 

TUTORIAL PENDAFTARAN

TUTORIAL PEMBAYARAN UKT

 

Lampiran : 

  1. KMA TENTANG UKT PTKIN TA 2023-2024
  2. KMA TENTANG UKT PTKIN TA 2023-2024 IAIN PAREPARE
  3. UANG KULIAH TUNGGAL TAHUN 2023
  4. PEDOMAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR MANDIRI LULUSAN PONDOK PESANTREN DAN JALUR MANDIRI KHUSUS PRESTASI NON AKADEMIK
13 July 2023, 13:42:41
Butuh Bantuan? Hubungi Kami!